Profil

Tugas Dan Fungsi

Tugas

TUGAS POKOK DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Dinas Lingkungan Hidup dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang lingkungan hidup yang menjadi tanggung jawabnya berdasarkan kewenangannya sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.


Fungsi

FUNGSI DINAS LINGKUNGAN HIDUP

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup.
  2. Pelaksanaan pengendalian tata ruang melalui koordinasi dan peningkatan keterpaduan perencanaan, pengendalian dan evaluasi dalam pengelolaan lingkungan hidup terhadap daya dukung dan daya tampung lingkungan.
  3. Pelaksaan koordinasi, perlindungan dan pengawasan pemanfaatan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati.
  4. Pelaksaan, pembinaan, evaluasi dan pengawasan terhadappengelolaan sampah dan limbah bahan berbahaya dan beracun.
  5. Pelaksaan, pemntauan dan pengawasan pencemaran dan kerusakan lingkungan serta mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan instansi terkait dalam hal perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
  6. Pelaksaan penegakan hukum lingkungan, baik secara administrasi, perdata maupun pidana terhadap pelaku pencemaran dan dan perusakan lingkungan hidup.
  7. Peningkatan kapasitas kelembagaan meliputi kegiatan pendidikan dan pelatihan serta pembinaan jabatan fungsional dibidang lingkungan hidup.
  8. Pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksana, keuangan, aset, kepegawaian, perlengkapan dan peralatan.
  9. Pelaksanaan dan pembinaan partisispasi masyarakat lembaga non pemerintah dan swasta dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  10. Pengelolaan unit pelaksana teknis (uptd).
  11. Pelaksaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta pelaksaan program strategis dibidang lingkungan hidup.

Kontak Kami